Everything news in here

Design your theme
Latest Posts

Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon, mengundurkan diri dari jabatannya menjelang perombakan kabinet. Pengunduran diri pada Sabtu 13 November 2010 yang diikuti sejumlah menteri itu sudah lama direncanakan.

Kantor Presiden Nicolas Sarkozy dalam sebuah pernyataan menyatakan Presiden menerima pengunduran diri tersebut. "Dengan demikian tugas Francois Fillon berakhir," bunyi pernyataan itu.

Upaya pengunduran itu hanya formalitas karena perdana menteri secara resmi harus mengundurkan diri sebelum pemerintah baru terbentuk. Kantor Presiden mengatakan tidak mungkin ada negara tanpa pemerintahan formal.

Sudah menjadi kebiasaan bahwa pemerintahan baru tidak akan diumumkan pada hari yang sama dengan pengunduran diri perdana menteri. Bahkan jika terjadi reshuffle dalam struktur kabinet.

"Saya pikir Presiden menginginkan beberapa jam lagi untuk merespons (pengunduran diri)," kata Dominique Paille, juru bicara partai konservatif UMP pimpinan Sarkozy kepada BFM-TV.

Banyak kalangan mengasumsikan perubahan kabinet akan diumumkan Senin 15 November 2010. Namun, dengan pengunduran diri Fillon, pengumuman kabinet kemungkinan bisa dilakukan Minggu 14 November 2010.

Pada Juni, Sarkozy mengatakan bahwa dirinya berencana untuk merombak kabinet setelah mengusulkan undang-undang yang mengubah usia minimal pekerja untuk pensiun, yaitu 60 hingga 62 tahun. Bagi pemerintah, UU itu diberlakukan agar sistem tunjangan pensiun tidak jatuh bangkrut.

Pemerintahan konservatif pimpinan Presiden Nicolas Sarkozy bersikeras bahwa 62 tahun masih merupakan kategori usia pensiun paling rendah di dunia. Pemunduran usia pensiun itu terpaksa dilakukan karena makin banyak warga Prancis yang kini memiliki harapan hidup yang lebih panjang dan sistem pensiun di negeri itu kian dilanda kesulitan dana.

Popularitas Sarkozy saat ini dalam level terendah. Sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan belum lama ini menyebutkan Sarkozy hanya memperoleh 35 persen suara. Sementara itu, Fillon mengumpulkan 48 persen dari 952 responden.

Leave a Reply